Login KAP3B

Rekening KAP3B

Web counter

Today1148
Yesterday1035
This week3513
This month5754
Total1021148

Visitor IP : 3.238.71.80
Unknown ? Unknown Wed 05 May 2021 22:44

        Berawal dari sebuah renungan pada tanggal 10 September 2009 sekitar jam 16.15 WIB dikala perut lapar dan tenggorokan kering kerontang di bulan puasa ini, seorang Toto Sugianto koordinator alumni angkatan X dilanda rasa kegelisahan yaitu “apa yang dapat kami perbuat khususnya angkatan X di bulan suci ramadhan ini, sementara di luar sana banyak kalangan…mulai Artis, Komedian hingga Da’i dan lainnya berlomba-lomba mengorbankan waktu dan materi untuk peduli sesama yang membutuhkannya di bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini”. Pertanyaan itulah yang tiba-tiba mengusik ketenangan Toto Sugianto hingga akhirnya ia memutuskan untuk melaksanakan JELAJAH RAMADHAN Alumni Angkatan X, dengan cara bersilaturahmi kepada para keluarga alumni yang ditinggalkan oleh suami (bahasa lazimnya janda alumnilah). Selanjutnya “Bola Jelajah Ramadhan” pun dilempar ke beberapa teman, Tanpa “ba,bi,bu” langsung ditangkap dan didukung 100%. Setelah itu, melalui SMS, Toto melakukan woro-woro kepada seluruh anggota angkatan X tentang rencana itu, dan dengan tembak langsung di-intruksikan agar mereka segera merogoh kocek dan mengirimnya ke rekening “dompet sosial” yang Toto sediakan.

         Dalam waktu singkat meski tanpa dipatok, mereka (baik yang di darat maupun yang di kapal) langsung ramai-ramai meramaikan dompet sosial itu. Tepat tanggal 12 September pagi-pagi buta, beberapa alumni yakni Aji Supeno, Zulan Susanto, Nanang Budiyanto dan Toto sendiri dan Reporter KAP3B News yang mungkin biasanya “mlungker” lagi setelah Subuh, mereka malah atur strategi untuk menjelajah JABOTABEK guna menyambangi beberapa janda dari Alumni sekaligus memberikan tali asih. Hal yang sama juga dilakukan Alumni X di Jawa Tengah, seperti Solo, Magelang, dan Semarang serta Surabaya secara serentak, yang dilakukan oleh perwakilan setempat. Untuk yang di JABOTABEK, Dari rumah Toto di Jatiwaringin, “TIM Jelajah Ramadhan Singosari X” langsung tancap gas tepatnya jam 07.30 WIB ke Ciputat-Tangerang untuk menapak tilas jejak Chaerul Padang (almarhum) dan menemui istri dan anaknya. Di rumah ini, meski tanpa kehadiran Chaerul Padang Tim jelajah serasa reuni dengannya. Dalam hal ini, si Mbah Aji Supeno cerita ngalor ngidul yang tanpa sadar sesekali saling “ngecengi” di antara mereka. Saking familiernya, anak Ny Chaerul Padang terasa ditemani sang Papa dan saat Tim jelajah akan berpamitan untuk melanjutkan perjalanan, anak kecil berumur 6 tahunan itu merengek tak mau ditinggalkan.

        Reporter KAP3B sendiri melihat pemandangan itu terasa haru……apalagi mata Sang Istri terus berkaca-kaca. Dari rumah Ny. Chaerul Padang, Tim jelajah X menuju ke Gunung Putri-Cibinong, untuk lagi-lagi memperkuat benang silaturahmi dengan keluarga Parluhutan Siregar X (almarhum). Di sini, lagi-lagi Supeno Aji Cs membangkitkan kembali kenangan masa lalu almarhum. Ny. Parluhutan yang saat itu juga didampingi 2 buah hatinya hasil perkawinannya dengan almarhum merasa haru dan tak dapat menyembunyikan rasa bangganya berkat kuatnya tali persahabatan alumni angkatan X. Setelah sekitar 1 jam ngobrol ini dan itu, sambil menyerahkan tali asih berupa sejumlah uang, Tim jelajah X langsung berpamitan untuk menuju Bekasi Utara di rumah Letkol.(P) Endar Rustamadji (almarhum). Perjalanan dari Gunung Putri menuju rumah Endar (alm) Tim jelajah harus diuji kesabaran. Apalagi kalau bukan soal kemacetan yang menjadi “momok”nya Jakarta dan sekitarnya. Sebagai seorang “sepuh”, Supeno Adji sesekali harus bersikap “nuwoni” dengan bertutur kata bahwa perbuatan baik selalu saja ada tantangannya.Apalagi di bulan puasa. Selama itu, perwakilan-perwakilan dari wilayah lainpun selalu koordinasi dengan menghubungi Koordinator Toto bahwa semuaaksi sosial “Jelajah Ramadhan” ini berjalan lancar tanpa adanya macet seperti yang dialami Tim di JABOTABEK……..mereka-pun dapat menyelesaikannya lebih awal. Setelah berjam-jam, akhirnya sampailah Tim Jelajah di rumah Endar X (almarhum), di sana seorang wanita dengan lemah lembut yang tak lain adalah istri Endar (alm) dan serorang puteranya (yang pertama) menyambutnya. Lagi-lagi, di sini Tim jelajah dan Ny. Endar kembali mengoyak kenangan masa lalu di Singosari dengan almarhum (Endar). Puncaknya, saat Tim jelajah menyerahkan sebuah bingkisan, suasana lebih mengharu biru, sebab Ny. Endar membalasnya dengan ungkapan terima kasih dan dengannada sesenggukan mengungkapkan rasa harunya atas kebaikan yang ditunjukkan oleh angkatan X. Reporter KAP3B News pun kembali merinding dan berlinang air mata saat menulis berita ini karena teringat peristiwa itu. Dari Bekasi Utara, Tim Jelajah X mengakhiri ekspedisinya dengan menyambangi Budi Cahyono X yang tergolek sakit di RS Pertamina Jaya sejak kamis lalu akibat sumbatan di saluran “pipis”. Memang dasar angkatan X paling “gila” soal reuni, lagi-lagi di ruangan ‘pesakitan’ ini Budi Cahyono dibuatnya seperti tidak sedang sakit dan bebas berekpresi.. Banyolan-banyolan khas asrama singosari dibeber di sini sampai-sampai istri Budi Cahyono dibuat bengong atas pemandangan ini dan sesekali harus mengingatkan sang suami bahwa ada selang infus di tangannya.

       Dari Rumah Sakit ini, Tim Jelajah bersiap-siap untuk kembali ke markas di Jatiwaringin. Lagi-lagi Tim X harus sabar lagi karena jalan tol yang awalnya di-asumsikan tidak macet karena hari sabtu malah macet gila-gilaan…..tidak bergerak. Namun, ya itu tadi berkat kesabaran yang ditunjukkan sejak awal, akhirnya datanglah sebuah “keajaiban”, yakni adanya sebuah mobil yang dikawal Polantas menorobos kemacetan tol dan Tim jelajah yang sedikit berbohong dan seolah bagian dari “pejabat” yang dikawal itu, turut bergabung dan wessss........ dapat sampai markas sesaat sebelum bedug maghrib. Padahal kalau normal tanpa ikut “nylonong” tadi bisa-bisa sampaitujuan pukul 8 malam. Alhamdulillaah........ TAK ADA PERJUANGAN TANPA PENGORBANAN BUNG, JADI JANGAN NGAKU BERJUANG JIKA TAK MAUBERKORBAN (BAIK MATERI, WAKTU MAUPUN TENAGA)….. “BECIK KETITIK OLO KETORO” **KAP3B News**