Get Adobe Flash player

Login KAP3B

Rekening KAP3B

Web counter

Today311
Yesterday446
This week1957
This month15861
Total841558

Visitor IP : 75.101.220.230
Unknown ? Unknown Thu 24 Sep 2020 14:49


Rabu (18/4), panasnya matahari kawasan Semarang tidak menjadi halangan bagi para taruna dan taruni Politektnik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang untuk melakukan atraksi kemahirannya berolah drum band. Ya mereka beratraksi untuk memberikan salam pelepasan atas diwisudanya senior mereka angkatan 44 yang berjumlah 208 orang, terdiri dari 108 orang jurusan Nautika dan 100 orang jurusan Teknika. Seperti biasa prosesi wisuda berlangsung dengan semarak dengan berbagai rangkaian kegiatan.


Secara resmi Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan, Capt. Bobby R.Mamahit, melakukan penyematan tanda kelulusan pada dua orang wisudawan dengan predikat terbaik, yakni Rizky Bimo Aji dari jurusan Nautika dan Niko Cahyo Wiratmo dari jurusan Teknika. Sesuai dengan bidang studinya, para wisudawan berhak memperoleh sertifikat keahlian Ahli Nautika Tingkat (ANT.III) dan Ahli Teknika Tingkat (ATT.III).

Setelah itu wisudawan juga diberi siraman air dari tujuh samudera, yang diambil dari para taruna seusai melakukan praktek layar. Ini bersimbol mereka akan mencintai tugasnya di lautan nan luas. Keberhasilan para wisudawan lulus pendidikan, tentu saja menjadi kebanggaan orang tua mereka. Untuk itu, penyematan tanda kelulusan sebagai perwira pelayaran besar itu juga dilakukan oleh para orang tua. Kepada wisudawan Capt. Bobby R.Mamahit berpesan agar para wisudawan dapat menerapkan dan mengembangkan semua pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan dan pelatihan. Meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran dalam melaksanakan tugas. Kepedulian terhadap perlindungan lingkungan laut (environmental of the sea), pembentukan sikap (skill behavior). “Paculah terus semangat untuk mengembangkan dan meningkatkan segala pengetahuan dan keterampilan yang telah saudara miliki. Jangan cepat berpuas diri terhadap hasil yang saudara capai, ” tegas Capt. Bobby R. Mamahit. Direktur PIP Semarang, Capt. Bambang Purnomo dalam laporannya menyatakan para calon wisudawan dididik dan dilatih dengan sistem dan metode pembelajaran yang ketat, mencakup aspek pengetahuan, pemahamanan kecakapan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Konvensi International IMO STCW 1978 dan amandemennya serta pembinaan mental, moral an kesemaptaan jasmani yang dilakukan secara terpadu baik melalui kegiatan kurikuler maupun ekstra kurikuler. “Dengan begitu wisudawan diyakini telah siap dan dapat diandalkan untuk menjawab tantangan tugas ke depan,” ungkap Capt Bambang Purnomo.

PIP Semarang yang berdiri sejak tahun 1951 sampai saat ini telah menghasilkan lulusan sebanyak 7401 orang termasuk para wisudawan saat ini. Lulusan tersebut terdiri dari bidang keahlian Nautika 3467 orang, bidang keahlian Teknika sebanyak 3241 orang, dan bidang Ketetalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan sebanyak 693 orang. Yang menariknya wisudawan juga langsung mendapatkan penyematan Brevet Alumni dan Kartu Tanda Anggota (KTA) Korps Alumni P3B Semarang. Menurut Ketua Umum Korps Alumni P3B Semarang Toto Sugianto, keberadaan korps alumni untuk mewadahi para alumni dari semua angkatan, sehingga terjalin komunikasi untuk mendukung upaya para alumni di masyarakat, dan mendorong alumni memperhatikan kampus serta para taruna-taruni yang masih menuntut ilmu. “Dengan begitu hubungan saling mendukung antara kampus, taruna dan alumni akan terus terjalin, untuk kemajuan kampus dan dunia pelayaran dan industri maritim,“ ungkap Toto Sugianto, yang ikut menghadiri prosesi wisuda itu. Prosesi wisuda disaksikan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Perhubungan Laut (PPSDMPL), Capt. Indra Priyatna, Direktur PIP Semarang Bambang Purnomo, Kepala Kantor Administrator Pelabuhan Semarang, Capt. Carolus Sangaji, kepala dan perwakilan dari balai, sekolah tinggi, dan politeknik ilmu pelayaran, Pengurus Alumni dan para orang tua wisudawan. **KAP3B News**{webgallery}  {/webgallery}