Get Adobe Flash player

Login KAP3B

Rekening KAP3B

Web counter

Today422
Yesterday618
This week422
This month3154
Total908522

Visitor IP : 54.208.73.179
Unknown ? Unknown Mon 18 Jan 2021 16:16

 

Pemerintah akan menerapkan Standard Training Certificate  Watchkeeping (STCW) 2010 pada tahun ajaran 2013 ini. Penerapan kurikulum pendidikan pelayaran ini akan mengalami pe­ru­bahan pada jenjang kompetensi pelaut, dengan tidak ada lagi jen­jang kompetensi tingkat dasar (ANT D/ATT D).

STCW 2010 yang merupakan amandemden STCW 1995, di dalam­nya menetapkan pe­ngem­ba­ngan pendidikan dan pelatihan (diklat) pelayaran. Pengembangan itu membuat perubahan pada jen­jang kompetensi pelaut dasar (ANTD/ATTD) dan menggantikan­nya dengan diklat proficiency (keterampilan). Adapun diklat  ke­te­rampilan itu meliputi Deck Ratting, Able Seaferer Deck, Engine Ratting, Able Seaferer Ratting dan Electronic Ratting.

Direktur Perkapalan dan Kepe­lautan, Direktorat Jenderal Perhu­bungan Laut, Capt. Yan Risuandi menyatakan, pemerintah sudah mempersiapkan kurikulum  pendi­dikan dan pelatihan berdasarkan STCW 2010, sebagai pembaruan STCW 1995. Namun untuk pelak­sa­naannya pada tahun ajaran baru, masih menunggu regulasi teknis yang menjadi acuan penerapan­nya.

“Kurikulum diklat pelayaran sampai saat ini sudah siap sebanyak 80, pembahasan selanjutnya menyangkut dasar hukum pene­rapannya, sehingga pada tahun ajaran baru ini bisa diterapkan,” ungkap Capt. Yan Risuandi pada hari Jum’at (5/4).

Kompetensi pendidikan dan pelatihan pelayaran selama ini adalah ANT D/ATT D, ANT V/ATT V, ANT IV/ATT IV, ANT III/ATT III, ANT II/ATT II, ANT I/ATT I.

Sementara itu Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut (Pus­bangperla), Badan Pengem­bangan Sumber Daya Manusia Perhubu­ngan (BPSDMP) Capt. Indra Priyatna menyatakan, tahun 2013  merupakan  dimulainya  penerapan STCW 2010, namun sifatnya masih sosialisasi, sampai akhirnya penerapan secara penuh pada tahun 2017. Para pelaut yang sudah memiliki ANT D/ ATT D,  harus melakukan up date kembali sertifikat keahliannya untuk di­sesuaikan dengan sertifikat ke­terampilannya sebagaimana STCW 2010.

“Untuk pelaut ANT D yang sudah berlayar selama 18 bulan, maka bisa menukarkan sertifikatnya dengan  sertifikat Able Seaferer Deck, se­dangkan untuk pelaut ATT D yang sudah berlayar selama 12 bulan  dapat menukar sertifikatnya dengan sertifikat Able Seaferer Engine,” ungkap Capt. Indra Priyatna. Sedangkan untuk men­dapatkan sertifikat ketrampilan lainnya, tambah Capt Indra,  seba­gai pengganti ANT D / ATT D,  para pelaut wajib menjalankan diklat ketrampilan dasar  selama 6 bulan (3 bulan teori di kampus dan 3  bulan praktek di kapal).

*News/Sumber : Mingguan Maritim