Monday, 11th December 2017 21:59:25

KAP3B Semarang Zona “JAJUNG” Resmi Dikukuhkan

 

Kepak Sayap KAP3B  (Korps Alumni Pendidikan Perwira Pelayaran Besar) Semarang  kembali  bertambah. Setelah beberapa  bulan lalu,  Alumni  yang juga lebih kental dengan sebutan  Bedjaner's  di “tlatah” Jogjakarta  resmi  membentuk   KAP3B Semarang  Zona Jogjakarta,  kini Bedjaner’s di wilayah  Ujung Jawa Timur yakni, Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Lumajang  juga mendeklarasikan berdirinya KAP3B Semarang Zona “Jajung” (Maksudnya Jawa Ujung).

Deklarasi KAP3B Zona “Jajung”  digelar pada  hari Sabtu Malam Minggu (21 Oktober 2017) di  Hotel Mahkota Plengkung, Banyuwangi. Hadir dalam acara itu dari DPP KAP3B Semarang adalah Ketua Umum, Toto Sugianto, SekJen, Kol. (Laut) I Dewa Putu GS dan Ketua-I  Awaludin Fauzi. Pada hari Minggu 22 Oktober, acara dilanjut dengan arisan para Istri sebagai sarana makin untuk merekatkan silaturahmi.

Dideklarasikannya KAP3B Semarang  Zona Jajung memang cukup beralasan, sebab selama ini para Alumni di sana sangat eksis dan cukup potensial. Secara periodik mengadakan Reunian, seperti Halal Bi Halal yang hampir rutin tiap tahun dan pertemuan-pertemuan lainnya yang disampaikan secara cukup details oleh Ketua Panitia (Panitia Pengarah)/ Dhoan Tubagus-34 disaat mengarahkan proses Pengukuhan. 

Pada kesempatan itu, selain peresmian lahirnya “ Zona Jajung”, DPP KAP3B Semarang juga sekaligus mengukuhkan kepengurusan Zona tersebut di bawah kepemimpinan Zaenal Arifin-17. (Susunan Pengurus lihat gambar). Zaenal Arifin-17 terpilih “Menakhodai” Zona Jajung setelah melalui proses pemilihan secara demokratis melalui sarana Medsos (WA).

 

Acara berjalan nampak meriah, terlebih  nuansa budaya kearifan lokal sangat  kental  yang dipakai oleh Bedjaners, seperti   topi  “Udeng” sebagai khas Banyuwangian dan lainnya.  Sedangkan Kandidat Ketua juga pakai pakaian adat Banyuwangi termasuk makanan ringannya atau cemilannya didatangkan dari semua kabupaten "Jajung".

Zaenal Arifin (tengah),  Ketua Zona Jajung memberi sambutan

“JuBir’  KAP3B Zona Jajung, Andhika Putra-42 mengatakan, hadir dalam acara tersebut lebih dari 50 Alumni “Singosari”.  Acara berjalan lancar, dari sambutan-sambutan, pengukuhan sampai pada ramah-tamah yang dihibur oleh Patrol Orkestra Banyuwangi, pimpinan Sudiyono Ali-8.

Hal lain yang menjadi istimewa bagi Tim dari DPP KAP3B  khususnya Sekjen adalah usai acara pengukuhan sekitar pukul 22.00 WIB, diajak "ngopi sepuluh ewu" di desa adat suku Osing Kemiren, Banyuwangi.

Ketua Umum DPP KAP3B Semarang, Toto Sugianto dalam salah satu sambutannya memberikan apresiasi atas lahirnya Zona “Jajung” sebagai tindak lanjut aspirasi yang berkembang  dari sejumlah Anggota di sana. Sebagai ciri khasnya, Toto Sugianto tak pernah lepas untuk selalu menyelipkan pesan moral tentang arti penting sebuah silaturahmi.

Secara khusus, Toto Sugianto  "mengingatkan" kepada Alumni akan  sejarah Kampus yangg berada di Jalan Siwalan 30 yangg selanjutnya diganti dengan Jalan Singosari 2A dan sejarah terbentuknya Korps Alumni P3B Semarang. Dan selanjutnya dengan spontanitas Toto Sugianto  memanggil SekJen, I Dewa Putu untuk  menambahkan memberikan sambutan semangat.

*News/Habib