Get Adobe Flash player

Login KAP3B

Rekening KAP3B

Web counter

Today696
Yesterday657
This week1353
This month696
Total889017

Visitor IP : 100.24.113.182
Unknown ? Unknown Tue 01 Dec 2020 18:12

 

Kampus Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang pada Sabtu (10/9/2016) melepas wisudawan wisudawati Perwira Pelayaran Besar Program Diploma IV) melalui upacara Bon Voyage yang dipimpin langsung oleh  Walikota Hendrar Prihadi sebagai Inspektur Upacara. Pada Wisuda  ke-83 ini, tercatat 221 Perwira Pelayaran Besar dipelas oleh Politeknik Ilmu Pelayaran, di Lapangan Plaza Kampus itu.

  Tak ketinggalan seperti biasanya, dalam kesempatan itu ada moment penyematan keanggotaan baru Korps Alumni Pendidikan Perwira Pelayaran Besar (KAP3B) Semarang oleh Pengurus DPP KAP3B. Dalam kesempatan ini, Ketua Umum DPP KAP3B Semarang, Toto Sugianto berkesempatan hadir dan menyematkan PIN Keanggotaan secara simbolis kepada Wisudawan. Artinya, semua yang diwisuda secara otomatis menjadi Anggota Baru KAP3B Semarang.

  Inspektur Upacara Hendrar Prihadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan Perwira Pelayaran Besar Program Diploma IV PIP yang pada hari ini diwisuda semoga sukses di manapun panjenengan bertugas.

 

“Wisuda bukanlah akhir, namun sebaliknya merupakan start awal kawan-kawan untuk bagaimana ilmu, keahlian dan ketrampilan yang diperoleh selama studi bisa diimplementasikan dalam menjalankan tugas di lapangan” tuturnya.

 Apalagi tantangan dan tuntutan global saat ini sangat berat khususnya seorang perwira di atas kapal, yang dituntut untuk dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat dan juga tuntutan dari pengguna jasa yang mengharapkan pelayanan yang berkualitas menyangkut aspek keselamatan, kemanan, ketepatan waktu, dan kenyamanan.

 Lebih lanjut ditandaskan Walikota agar jangan pernah puas dengan apa yang Saudara-saudara peroleh hari ini dalam hal ini di wisuda, namun perolehan/ keberhasilan ini mari jadikan pemacu semangat untuk terus mengembangkan diri, mempertajam pengetahuan dan ketrampilan serta mengembangkan sikap profesionalisme sesuai bidang keahlian masing-masing.

 Walikota berharap, kedepannya para wisudawan diharapkan dapat mendukung kegiatan sub sektor perhubungan laut, pembangunan nasional dan ikut andil di dalam transportasi laut secara nasional maupun internasional.

 Sementara Plh. Direktur PIP Heri Sularno dalam laporannya mengatakan jumlah 221 wisudawan tersebut terbagi dalam 3 program studi yakni program studi Nautika sebanyak 83 orang, Teknika sebanyak 85 orang, dan Ketatalaksanaan Angkatan Laut dan Kepelabuhan (KALK) 53 orang.

 “Dari jumlah tersebut di pilih 3 orang wisudawan yang dinyatakan lulus dengan predikat terbaik yaitu Hapsari Widyaningrum dari program studi Nautika dengan perolehan IPK 3,13, Masruri Bagas Darmawan dan Novalia Purnamasari dari program studi Teknika dan KALK, perolehan IPK masing-masing 3,08 dan 3,22. Kepada mereka diberikan penghargaan Kartika Niti Yogya yang merupakan lambang prestasi dan keteladanan di PIP” urai Heri Sularno.

 Selain tiga terbaik diatas, PIP juga memberikan penghargaan bagi para wisudawan berprestasi di bidang perilaku, karya ilmiah (3 wsisudawan), Bahasa Inggris, dan Kesamaptaan.

 Prosesi Bon Voyage Perwira Pelayaran Besar Program Diploma IV lulusan Poliktenik Ilmu Pelayaran Semarang, ditandai dengan pengalungan samir dan penyerahan Surat Tanda Tamat Pendidikan Kepelautan.

 Usai sambutan, Walikota Hendrar Prihadi melakukan ritual pemercikan Tirta Sapta Samudera kepada para wisudawan, sebagai simbol harapan dan doa semoga dalam melaksanakan tugasnya sebagai pelaut kelak para Wisudawan akan mengerungi tujuh samudera. Selain itu di dada para wisudawan yang baru saja dilantik menjadi perwira agar selalu menggelora semangat mengabdi dan setia membaktikan tenaga dan pikiran mereka pada dunia bahari. dilanjutkan bergoyang Gemu Famire bersama para wisudawan dan hadirin yang hadir.

 *News