Get Adobe Flash player

Login KAP3B

Rekening KAP3B

Web counter

Today462
Yesterday572
This week1603
This month9654
Total760037

Visitor IP : 3.235.172.213
Unknown ? Unknown Sat 30 May 2020 17:48

Ketua Umum DPP KAP3B Semarang, Toto Sugianto  mendapatkan kehormatan  untuk menghadiri  Wisuda Taruna/ni  di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang belum lama ini (12/4). Dalam hal ini, tercatat  166 Taruna/ni  yang diwisuda oleh  Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, Ir. Santoso Eddy Wibowo.  

Di dalam rangkaian  acara, KeTum  juga mendapatkan kehormatan  untuk menyematkan PIN KAP3B  secara simbolis  yang artinya  166 Taruna itu resmi menjadi Anggota KAP3B Semarang.

Wisuda yang ditandai dengan penyematan secara simbolis epolet dan pelepasan atribut Taruna  dan pemercikan Tirta Sapta Samudera itu  juga dihadiri oleh  Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Capt. Indra Priyatna.

Dalam salah satu sambutannya, Kepala BPDM  mengaku prihatin karena pelaksanaan azas cabotage yang juga mengamanatkan agar kapal-kapal berbendera Indonesia diawaki oleh Pelaut-Pelaut Indonesia pula, sesuai UU Pelayaran No.17/2008. Hal ini lantaran kurang tersedianya tenaga Pelaut, khususnya Perwira. Untuk itulah, katanya Kementerian Perhubungan melalui BPSDM terus berupaya meningkatkan jumlah tenaga Pelaut. Langkah-langkah yang ditempuh antara lain terus meningkatkan sarana dan prasarana lembaga diklat dengan bekerjasama sejumlah negara yang maju, seperti Jepang, Belanda, Rusia, Amerika, Kanada dan lainnya, guna memajukan pendidikan kepelautan di Indonesia.

Sementara itu, Direktur PIP Semarang, Capt. Bambang Purnomo, M..Mar mengatakan, wisuda kali ini adalah yang ke-76 bagi lembaga itu. Sejak berdirinya pada tahun 1951 lembaga tersebut telah menghasilkan tenaga pelaut 7.689 orang. Mereka  telah menyebar ke berbagai sector kemaritiman, baik di pelayaran, lembaga pendidikan, praktisi  sampai di instansi Polri dan TNI.

*NEWS