Get Adobe Flash player

Login KAP3B

Rekening KAP3B

Web counter

Today474
Yesterday572
This week1615
This month9666
Total760049

Visitor IP : 3.235.172.213
Unknown ? Unknown Sat 30 May 2020 18:28

 

Pondasi  interaksi  antara “Kampus Singosari” dan DPP KAP3B Semarang  kembali terus diperkuat.  Hal seperti  ini memang sebuah keharusan, karena  hubungan timbal balik antara keduanya  sama-sama saling  memiliki  nilai manfaat untuk kedua  belah pihak. Kalau boleh dikatakan, antara  Kampus dan Alumni tak ubahnya ibarat  dua sisi mata uang. 

Benar, setelah beberapa bulan silam  sejumlah  Pengurus DPP KAP3B mendapat kehormatan  untuk memberikan penceraharan kepada Calon Wisudawan PIP Semarang, belum lama ini ( 1 September 2012), Ketua Umum DPP KAP3B Toto Sugianto kembali  diminta untuk  “back to campus” guna memberikan motivasi dan berbagi pengalaman kepada Calon Taruna (CaTar) di sana. 

Dengan gaya dan metode yang tak begitu formal yang memang sengaja dipilih oleh Toto Sugianto  agar lebih  “merakyat”  kepada CaTar, Toto Sugianto  tak banyak berteori dalam memberikan ceramahnya, namun lebih ke hal-hal yang sifatnya praktis dan empiris (pengalaman).  Waktu terbanyak juga dihabiskan untuk interaksi  dan Tanya jawab sehingga membuat lebih hidup.  Tak ayal lagi, suasana kuliah yang awalnya memang agak  sedikit  serius  namun  lama kelamaan  saat dibuka sesi dialog, Toto Sugianto “kebanjiran” acungan jari dari CaTar yang ingin menyampaikan uneg-unegnya. 

Maklum saja, namanya juga masih CaTar, pertanyaannya  kadang ada yang  menggelitik, seperti  ada yang menanyakan  jurusan apa  yang paling  menjanjikan  untuk mendapatkan pekerjaan, apakah  Teknika, Nautika atau KTK?. Dengan  sigap, Toto Sugianto menjelaskan semua jurusan itu, apakah Teknika, Nautika ataupun KTK semuanya prospektif.  

Intinya, Toto Sugianto menegaskan CaTar tak perlu ragu soal prospek setelah lulus nanti. Yang terpenting adalah, kuncinya yang harus dipegang teguh  oleh CaTar, yakni Disiplin, ikuti aturan Kampus dan jangan tergoda untuk melakukan pelanggaran. Saking banyaknya yang ingin bertanya, sehingga  tak semua bisa  terjawab, karena terbatasnya waktu  dan Toto Sugianto harus langsung kembali ke Jakarta untuk urusan silaturahmi Alumni Singosari juga. 

Tahun ajaran 2012 ini, PIP Semarang  menerima  426 CaTar dari pendaftar lebih dari 2 ribu orang.  426 CaTar yang saat ini sedang “dibasis”  terdiri dari 189 CaTar jurusan Nautika, 172 Teknika dan 65 KTK. 

Dalam kesempatan  itu, Toto Sugianto didampingi oleh Kepala Pusat Pembinaan Mental, Moral dan Kesamaptaan Taruna PIP Semarang , Samsul Huda mewakili  Direktur  PIP Semarang Bambang Purnomo yang  sedang ada dinas di luar Kampus. 

Selain itu, Toto Sugianto juga berkesempatan  membesuk CaTar yang  sedang dirawat inap di Klinik PIP Semarang setelah menjalani serangkaian  pendidikan fisik dan pengenalan kampus. Toto Sugianto mendorong yang sedang sakit itu untuk tetap optimis untuk melanjutkan pendidikan dan jangan menyerah ataupun  niat pulang. Sekali layar dikembangkan pantang untuk  diturunkan. 

*News