Get Adobe Flash player

Login KAP3B

Rekening KAP3B

Web counter

Today676
Yesterday657
This week1333
This month676
Total888997

Visitor IP : 100.24.113.182
Unknown ? Unknown Tue 01 Dec 2020 17:41

 

Setelah mendulang sukses pada Reuni Akbar “10-10-10” di Semarang  dan “10-10-15” di Bogor, kali ini Angkatan X  KAP3B Semarang yang juga menamakan dirinya dengan sebutan “SeSe” (Sedulur Sepuluh) kembali menorehkan tinta kesuksesan pada Reuni Akbar pada moment “10-10-20” di Bandungan Kabupaten Semarang. Tema yang diangkat simpel, tapi sangat mendalam makna filosofisnya yakni “Seduluran Selawase” (menjaga persaudaraan untuk selamanya).

 Ya, Pandemi Covid-19 tak menyurutkan bara api semangat silaturahmi para Bedjaner’s “Sedulur Sepuluh” itu. Hajatan besar 5 tahunan berupa Reuni Akbar yang  diagendakan  jauh-jauh hari  tetap digelar sesuai jadwal, yakni pada Tanggal 10, Bulan 10 Tahun 2020 (10-10-20) di Hotel Griya Persada Bandungan, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Sebuah  tempat terpilih penuh kesejukan.

Meski demikian, acara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara maksimal, seperti pakai masker dan jaga jarak aman. Secara periodik sebelum acara, peserta dicek suhu tubuhnya. Juga di sejumlah sudut disediakan sarana cuci tangan dan hand sanitizer.  

 Pada Jum’at sore, 9 Oktober 2020, mengalir  personil “SeSe” dan beberapa beserta keluarganya dari berbagai penjuru berdatangan ke arena acara “10-10-20” itu.  Disambut hangatnya secangkir kopi dan teh di antara balutan udara sejuk, menambah suasana dan keakraban peserta dan panitia untuk melepas penat setelah perjalanan  dan selanjutnya absensi serta pembagian perlengkapan acara.

Masih pada hari yang sama, setelah waktu Sholat Maghrib rangkaian acara dimulai dengan ramah-tamah makan malam bersama. Lantunan musik klasik khas pelaut dan lagu-lagu daerah turut menghantarkan suasana kian meriah.

 Usai santap malam, acara dimulai dengan agenda pemilihan Koordinator “SeSe”  untuk periode 2020 – 2025 dan pemilihan Ketua Panitia Reuni “SeSe” pada tahun 2025. Dalam kesempatan ini, SeSe Lukito W. kembali “Didaulat” untuk menjadi Koordinator “SeSe” periode 2020-2025 dan Yusuf “didapuk” menjadi Ketua Panitia Reuni “SeSe” 2025. (Tentang pernak-pernik proses pemilihan ini akan disajikan dalam artikel tersendiri berjudul “ Pemilihan Koordinator Sese Dan Panitia Reuni 2025 “Memanas”, Begini Ending-nya…..”

 Selanjutnya, Sabtu pagi, 10 Oktober 2020, sekitar pukul 6, berkostum merah sebagai tanda semangat silaturahmi masih membara,  peserta Reuni “tumplek-blek” di lapangan terbuka untuk melaksanakan senam pagi bersama yang dipandu instruktur profesional. Gerakan-gerakan ringan namun bisa hangatkan badan lantaran diiringi musik ceria. Selanjutnya rileksasi dan sarapan pagi bersama.

 Rangkaian acara selanjutnya usai sarapan pagi adalah Fun Game. Beberapa game yang disiapkan oleh Panitia bersama Tim EO (Event Organizer) sarat dengan jenaka dan ringan,  namun penuh makna filosofisnya untuk memupuk kian tumbuhnya  rasa “Seduluran Selawase” dari “SeSe” dan penuh makna edukasi untuk tetap menjaga keseimbangan kerja otak kanan dan kiri.

 DI sela-sela Fun Game, (pukul 10 lewat 10, Tanggal 10 Bulan 10)  tiba-tiba Panitia membunyikan suara terompet kapal, mengingatkan kembali proses “Kapal-kapalan” saat menjalani pendidikan di Bumi Singosari dulu. Saat itu, kegiatan Fun Game dihentikan sejenak dan selanjutnya secara bergantian dari “SeSe” menyanyikan lagu-lagu daerah sesuai asalnya, mulai dari lagu Batak, Minang, Betawi, Sunda, Jawa, Jawa Timur dan Papua. Ini berlambang bahwa “SeSe” juga sangat menjunjung tinggi falsafah “Bhineka Tunggal Ika”. Berikutnya, Dipimpin SeSe Toto Sugianto semua peserta Reuni diajak untuk hening cipta sejenak untuk mendo’akan “SeSe” yang telah lebih dulu menghadap Sang Pencipta. Kemeriahan Fun Game  dilanjutkan dan jeda untuk ISHOMA hingga dilanjutkan kembali sampai sekitar pukul 15.00.

 Puncak Acara

 Sebagai puncak acara “Reuni Akbar 10-10-20” adalah malam keakraban bersama diawali makan malam bersama yang dirangkai dengan acara seremonial penuh dengan pernak-pernik.

 Pada malam puncak acara “10-10-20”  itu, sejumlah tamu undangan turut hadir antara lain Direktur PIP Semarang Capt. Mashudi Rofik,-23 yang juga sebagai Pembina DPP KAP3B Semarang beserta sejumlah jajarannya, KAP3B Zona Khusus Semarang, serta sejumlah Senior dan Yunior dari “SeSe”.

 Dalam salah satu sambutannya, Capt. Mashudi Rofik,-23, atas nama Manajemen “Kampus Singosari” sekaligus juga atas nama Angkatan-23, memberikan apresiasi yang tinggi atas masih kuatnya semangat silaturahmi dari Angkatan X (SeSe). Dia mengharapkan, “Potret Silaturahmi SeSe” itu menjadi inspirasi bagi Kampus dan juga Alumni Angkatan lain untuk diambil pelajaran dari sisi semangat membangun silaturahmi.

Dalam kesempatan itu, Capt. Mashudi Rofik,-23 juga menyampaikan sekilas perkembangan keadaan Kampus terkini, mulai dari kondisi masa Pendemi Covid-19 sampai rencana pengembangan “Kampus Singosari”  ke depannya.

 Sementara itu, Ketua Umum DPP KAP3B Semarang, Toto Sugianto-10 ( alias SeSe Toto) dalam sambutannya juga memberikan apresiasi kepada “SeSe” dan Keluarganya yang masih tetap solid untuk mempertahankan silaturahmi dalam keadaan apapun. Juga memberikan apresiasi atas kehadiran Manajemen “Kampus Singosari” tersebut dan beberapa Senior dan Yunior SeSe.

 Senada dengan Toto Sugianto, SeSe Kanisius Lobo selaku Ketua Panitia Reuni 10-10-20 dan Koordinator SeSe Lukito W. juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang mendukung penuh acara itu sehingga berjalan dengan baik dan lancar.

Salah satu rangkaian acara pada malam puncak itu adalah suasana haru saat penyerahan “tali asih” dari SeSe untuk para janda SeSe  dan anak-anak Yatim SeSe. Sejumlah perwakilan dari mereka saat menyampaikan ungkapan terima kasih penuh haru dengan nada setengah bergetar lantaran tak kuasa menahan linangan air mata, karena masih terus mendapatkan perhatian dari “SeSe”.

 Puncak kemeriahan acara yang diselingi musik-musik klasik di era-nya SeSe, seperti lagu Seemann yang sudah tak asing lagi bagi pelaut, juga lagu-lagu lainnya, adalah  penyerahan door prize dan souvenir untuk tamu undangan.

Dan sebagai penutup acara adalah menyanyikan secara bersama-sama, “Kemesraan ini.. janganlah cepat berlalu”.. –Kemesraan, Iwan Fals- dan lagu We Are The Champion serta irama “Kapan-kapan.. Kita berjumpa lagi”.. (Koes Plus). SAYONARA ….SESE…

 ***News/Habib