Wednesday, 24th October 2018 10:15:01

JURNAL : Mengintip Kemeriahan Back To Campus “Singosari” 20Th Angkatan 35

 Back  To Campus, kini sepertinya sudah menjadi tradisi bagi sejumlah Alumni “Singosari”  yang kini bernama  PIP Semarang. Salah satunya adalah Angkatan 35.

Ya, beberapa waktu lalu, tepatnya 28 – 30 September 2018, Angkatan 35 yang menjuluki dirinya dengan sebutan “The B35T”  melaksanakan hajatan besar berupa Reuni Akbar yang dikemas dengan Back To Campus. Tema yang diusung adalah “Kembali Satu Berbagi Cerita dan Kebersamaan”.  Tidak tanggung-tanggung, acara ini dihadiri 123 Personil “The B35T” dan terang saja, acara menjadi sangat meriah.  

Acara Reuni  20Th Angkatan 35 itu menjadi “magnet” tersendiri bagi  anggotanya. Tanggal 28 September atau hari  Jum’at sore,  personil “The B35T” mulai berbondong-bondong memasuki Semarang, tepatnya di Hotel Patra Jasa, sebagai pusat  menginap dan tempat sejumlah acara. Di sinilah, “ruh” hajatan dimulai, yakni pada malam Sabtu, diadakan acara internal  untuk memilih Koordinator Angkatan 35 alias “The B35T”. Dalam acara ini, Faiq Kurniawan, “Didaulat” untuk menjadi Koordinator “The B35T” selama 5 tahun ke depan. Proses pemilihan Koordinator ini disaksikan oleh SekJen DPP KAP3B Semarang, Kol. I Dewa Putu GS. M.Mar. Di hotel ini juga, untuk menanamkan rasa cinta kemaritiman kepada anak-anak yang hadir, Panitia mengadakan pertunjukan Wayang Tenda yang berisikan tentang kemaritiman.

 Sabtu pagi, 29 September 2018, Personil “The B35T” ke Kampus “Singosari “ (PIP Semarang) untuk melaksanakan rangkaian utama acara “napak tilas”. Mereka disambut oleh Keluarga Besar PIP Semarang dengan Apel Pagi diikuti Taruna dan Tim Marching Band kebanggaan kampus dengan Pembina Apel   Dr. Capt Mashudi Rofik, M.Sc., sebagai Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan. Di sini juga disaksikan oleh keluarga “The B35T”. Aksi-aksi heroik pasukan Marching Band kampus PIP Semarang mampu menyedot perhatian yang hadir. Hadir juga dalam Apel Pagi ini Ketua Umum DPP KAP3B Semarang Toto Sugianto beserta sejumlah jajaran Pengurus.

 Dalam sambutannya, Pembina Apel Pagi sangat menyambut baik acara semacam ini oleh Angkatan 35, sebab selain untuk lebih cinta Almamater, juga diharapkan akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi Taruna/i yang masih menjalani masa “Kawah Candradimuka” di Kampus Singosari untuk tekun belajar dan kreatif. Masih dalam rangkaian Apel, “The B35T”  berkesempatan menyerahkan Cindera mata untuk fasilitas  drum band senilai Rp 10 juta yang langsung diterima secara simbolis dari perwakilan Angkatan 35 kepada  Pembina Apel   Dr. Capt Mashudi Rofik, M.Sc.,.

 Usai upacara, diadakan “pesta rakyat kampus” berupa panggung hiburan dan dilanjutkan anjangsana ke Kompi-Kompi untuk mengenang puluhan tahun lalu, di mana Mereka “The B35T”  ditempa dan harus hidup serba diatur di sana sangat ketat dan sarat dengan kenangan unik, pahit manis yang takkan mudah terlupakan.

Acara dilanjut  makan siang bersama “The B35T”  dan Taruna/i serta Pengurus DPP KAP3B Semarang. Namun, tunggu dulu, sebelum santap siang,  Taruna “The B35T” harus ikut Apel Siang bersama Taruna/i sebagai “tradisi” atau “Pakem” bagi setiap Taruna sebelum makan siang di Menza. 

 Setelah makan siang, “The B35T”   dan Keluarga kembali ke Hotel, sejenak istirahat. Sekitar jam 15.00 WIB, “The B35T”  melanjutkan agenda yakni Ziarah ke Makam Pak Bedjan, sebagai sosok yang menjadi Ikon Alumni Singosari hingga kini.

 Pada malam hari, sebagai puncak acara Rauni “The B35T”  diadakan Gala Dinner di Hotel Patra Jasa. Hadir dalam moment meriah malam tersebut adalah  Direktur PIP Semarang H. Irwan dan Ketua Umum DPP KAP3B Semarang Toto Sugianto serta Sekjen Kol. I Dewa Putu GS. M.Mar, dan sejumlah undangan Alumni lainnya. Total hadir “The B35T”   dan keluarga dan lainnya 500 orang lebih dalam moment berharga itu.

 

Direktur PIP Semarang H. Irwan  maupun Ketua Umum DPP KAP3B Semarang. Toto Sugianto, dalam sambutannya sama-sama mengapresiasi  kesolidan “The B35T” dan berharap agar ini terus dijaga untuk menopang kebesaran Almamater. Selamat & Sukses … Bravo  “The B35T”.

 **News/A.Habib