Wednesday, 23rd May 2018 00:32:52

Reuni 2 Tahunan- 2018: “Singo Nambelas” Mengaum Di Bromo

 

Alumni “Bumi Singosari” dalam wadah Korps Alumni Pendidikan Perwira Pelayaran Besar Semarang (KAP3B Semarang)  Angkatan 16, yang juga menamakan diri sebagai “Singo Nambelas” mengadakan reuni 2 tahunan yang dikemas dalam acara wisata. Tahun 2018 ini agendanya Tour ke Bromo Jawa Timur.

Ketua paguyuban Singo Nambelas, H. Hidayat berinisiatif menunjuk surabaya menjadi tuan rumah setelah 2 tahun lalu alumni yang berdomisili di Tegal telah menjadi tuan rumah dan telah sukses menyelenggarakan acara reuni serupa dengan tujuan obyek wisata Guci - Tegal.

Kemudian dibentuklah panitia reuni dengan tema “Bromo Tour 2018 - Makin Kompak, Guyub dan Rukun”, dimana sebagai ketua panitia adalah Kolonel Laut (P) Aris Purwanto.

Dikatakan, H. Hidayat, kali ini tujuan wisata yang dipilih adalah wisata rafting di probolinggo yang terkenal dengan nama Songadventure dilanjutkan dengan mendaki Gunung Bromo sebagai ikon pariwisata Jawa Timur dan dilanjutkan dengan beramah-tamah di Kusuma Agro Wisata Batu - Malang.

Tour dimulai pada Jum’at pagi 11 Mei 2018 jam 07.00 berangkat dari Guest House Wijaya Kusuma Kobangdikal Surabaya, rombongan berjumlah 45 orang menaiki bus menuju probolinggo untuk melakukan pengarungan jeram (rafting).

Peserta tour yang tadinya deg-degan karena mengira arung jeram adalah olah raga ekstrem, ternyata sangat menikmati acara tersebut.  Teriakan teriakan gembira dan senda tawa riuh rendah senantiasa mengiringi peserta sepanjang sungai dengan berbagai macam rintangan dan kondisi alam yang mempesona.

Setelah puas bersenang-senang didaerah rafting, peserta tour menuju gunung bromo dan bermalam di hotel Lava View Lodge yg sangat terkenal karena terletak  paling dekat dengan lokasi wisata.

Hari Sabtu 12 Mei 2018 jam 03.00 peserta menaiki jeep jeep land cruiser khas bromo memulai tour menuju puncak gunung penanjakan untuk melihat sunrise yg fenomenal, dilanjutkan masih dengan mengendarai jeep yang legendaris menuju berbagai lokasi kunjungan di bromo. Suasana penuh kegembiraan karena sensasi hawa dingin, pemandangan yang menakjubkan serta berkendara dengan jeep dan berkuda berpadu menjadi suatu luapan rasa persaudaraan yang menyatu erat pada setiap keluarga besar singo nambelas.

Petualangan yang begitu menyenangkan terasa sangat singkat karena peserta harus segera menuju hotel Kusuma Agro Wisata, Batu - Malang. Tiba di Batu menjelang maghrib, seluruh peserta segera mempersiapkan diri untuk acara adat reuni yaitu Gala Dinner yang merupakan puncak acara yang selalu dilakukan pada setiap reuni dimana peserta bernyanyi dan berjoget bersama serta mengadakan sarasehan dan diskusi demi kemajuan dan kelangsungan paguyuban singo nambelas.

Minggu 13 Mei 2018 adalah saatnya berpisah, tak ingin kesan perpisahan datar-datar saja, acara dikemas dengan kegiatan wisata agro petik buah apel, mengunjungi kampung jepang onsen heritage dan ditutup dengan makan siang di Jatim park 3.

 Keguyuban singo nambelas ditunjukkan dengan semua peserta dari luar surabaya dijemput dan diantar sampai di bandara atau stasiun kereta api oleh singo nambelas tuan rumah yang bedomisili di surabaya.

Paguyuban Singo Nambelas dibentuk tahun 2009,  agar terjalin silaturahmi yang berkesinambungan antar alumni dan berperan serta kepada almamater Kap3b.

Tercatat di setiap periode kepengurusan KAP3B  selalu ada anggota Singo Nambelas yang duduk sebagai pengurus, baik pada DPP KAP3B (Pusat) maupun Zona, di antaranya H. Hidayat sebagai ketua paguyuban, Kolonel laut Mursidi sebagai pengurus Zona Jatim, Antonius Sukamto sebagai ketua bidang Kominfo DPP KAP3B,  Hadi Purnomo sebagai Ketua Zona Lampung dan masih banyak lagi.

Singo nambelas juga berperan di politik dan pemerintahan, diantaranya H. Epiyardi Asda sebagai anggota DPR 2 periode dan H. Alias Wello sebagai Bupati Kabupaten Lingga Kepri.

Berbagai profesi dan kedinasan dijalani oleh anggota singo nambelas yaitu Pelaut,Tentara, Ulama, Pendeta, Dosen, Surveyor, Pengusaha, Politikus, dan lain-lain.

Selama 9 tahun keberadaannya, singo nambelas telah banyak memberi kontribusi positif bagi terjalinnya komunikasi antar alumni dengan pertemuan rutin, memberi santunan dan perhatian kepada anggotanya yang sakit atau ditimpa musibah serta memberi perhatian kepada anggotanya yang berbahagia karena menikahkan anaknya dan lain-lain.

 Semoga Singo Nambelas makin kompak, guyub dan rukun sak lawase.

Bravo Singo Nambelas ! ,Bravo Kap3b !..

*News/Singo16.