Thursday, 19th October 2017 05:17:38

MENGINTIP KEMERIAHAN BACK TO CAMPUS SINGOTULAS JILID 2 : (Dari “ Adu Fisik” Lawan Taruna, Pergantian Pengurus, Hingga Agenda Reuni Jilid 3)

 

Setelah sukses  pada Hajatan Back To Campus pada Tahun 2012, Bedjaner’s  Angkatan 17 yang juga menyebut dirinya dengan “Singotulas”  pada Tanggal 16 – 17 September 2017 kembali menggelar acara serupa, yakni  “Back To Campus Jilid-2”. Seperti apa kemeriahannya?. Berikut reportasenya.

Sabtu pagi,  Tanggal  16 September 2017 (07.00-08.30 WIB) Pasukan Singotulas dengan khasnya seragam bercelana pendek (selutut)  telah siap di Kampus PIP Semarang  untuk mengikuti Apel Pagi penyambutan.  Tercatat ada 46 personil  Singotulas mengikuti Apel (pada  malam puncak bertambah 1 yang datang ). Sedangkan 3 personil Singotulas diwakili oleh Keluarganya. Hadir di acara itu adalah Ketua Umum DPP KAP3B Semarang Toto Sugianto dan sejumlah Pengurus, seperti Djoko Sungkono,  Anung Aditya Tjahja, Wahyu Prihantodan beberapa Alumni lain.

Tak ketinggalan, Keluarga turut hadir di sana untuk mengikuti rangkaian acara.  Pagi itu, diawali dengan  pembagian kaos, topi  dan  pembagian 200 paket sembako kepada  sejumlah karyawan PIP Semarang Outsourcing dan masyarakat di sekitar Kampus. Dua hari sebelumnya, sejumlah "Srikandi" Singotulas juga melakukan aksi sosial di sebuah panti asuhan dengan memberikan tali asih.

Mengawali Reuni pagi itu, lagi-lagi, di sini ada “bumbu Reuni”, yakni bagi yang salah atu lupa menyebut  nama sesama personil Singotulas harus dihukum  push up.

Sekitar Pukul 08.30 WIB dimulai Apel Pagi penyambutan. Bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Manajemen PIP Semarang adalah Sidrotul Muntaha.   Dalam rangkaian upacara, secara simbolis, Angkatan Singotulas menyerahkan cindera mata kepada  Kampus Singosari berupa Sound system lengkap untuk Masjid Kampus. 

Usai upacara, para “Tamu Kampus” mendapat suguhan aksi yang memukau dari  Marching  Gema Perwira Samudera , Rampak Bedug dan Bras Band  kebanggaan  PIP Semarang. Setelah itu untuk memeriahkan kunjungan ke Kampus, Tim Singotulas mengajak  Tim Taruna  untuk adu fisik, berupa tarik tambang, lomba lari bakiak dan panco. Setelah itu, untuk menambah rileks suasana, dilaksanakan tarian Meumere secara massal dengan dipandu "Instruktur khusus". Pihak Singotulas menyiapkan doorprize fun bagi  peserta yang  jogetnya paling menarik. Di sini Toto Sugianto dan Djoko Sungkono konon “ditodong”  untuk menjadi  “Juri” pada aksi tarian massal itu.

Menjelang makan siang,  Tim Singotulas  harus ikut Apel siang bersama Taruna/ni  dan  sedikit olah fisik lari di lapangan Menza juga melaksanakan Yel-Yel sebelum santap siang bersama. Selanjutnya, Mereka dan semua yang hadir, bergabung dengan Taruna/ni untuk menikmati makan siang di Menza. Di sini, sejenak Ibu-Ibu Alumni yang berdomisili di Semarang  menaruh perhatian dengan menyumbangkan alunan lagu sebagai pendamping makan siang.

Sudah menjadi  tradisi, semua yang makan di Menza harus mengikuti  “Pakemnya”. Seperti ketika di tengah-tengah menikmati  makanan, tiba-tiba terdengar suara pluit tanda bahaya maka semua harus  langsung merunduk di bawah meja makan, tak ketinggalan Singotulas juga demikian.  Bahkan berkali-kali pulit dibunyikan dengan tiba-tiba.

Sekitar pukul 13.30, Keluarga Besar Singotulas dan Tamu Undangan serta sejumlah Taruna/ni siap-siap untuk  menuju acara  pada malam puncak Reuni Jilid-2 itu di Puncak Bandungan, tepatnya di Hotel Rawa Pening.  Tidak tanggung-tanggung, tercatat 3 bus, yakni 1 dari TNI AL dan 2 Bus dari Kampus PIP Semarang serta 30 mobil pribadi   berjalan konvoi dikawal Foreders  menuju  Bandungan, lokasi malam ramah-tamah puncak Reuni Singotulas Jilid-2 itu.

Suasana malam di hotel  yang  dibooking full oleh Singotulas itu benar-benar meriah. Acara diadakan di taman dan diiringi alunan band (full band). Mewakili dari manajemen Kampus PIP Semarang pada malam itu adalah Didi Sumadi-23 dan Ketua Umum  KAP3B Toto Sugianto juga Djoko Sungkono, Anung Aditya Tjahja, Wahyu Prihanto dan Ketua Zona Khusus Semarang Suherman-23 kembali turut hadir di sana. Dalam sambutannya, baik Didi Sumadi-23 dan Toto Sugianto memberikan apresiasi atas upaya Singotulas untuk terus memupuk silaturahmi Almamater. Sedangkan Ketua Panitia,  Heri Sumardi-17 mengucapkan  terima kasih kepada Kampus dan DPP KAP3B Semarang yang mensupport acara Singotulas itu.

Acara  nampak begitu meriah,  terlebih didukung oleh  MC  yang begitu  atraktif dan unik, penuh joke-joke kocak yang membuat suasana makin gerr.  Sekedar tahu saja,  bahwa MC itu  seorang Waria yang telah lama menekuni profesi MC dengan khasnya, dan ini diam-diam ternyata  dulu pernah dipakai pada Reuni Jilid-1. Ada rahasia di baliknya?. Tentu saja ada  pertimbangan khusus bahwa meski nampak berdandan cantik, namun suasana tetap gerr dan aman.

Peremajaan Ketua dan Agenda

“JuBir”  Singotulas, Imbuh  Sasmito mengatakan, pada pagi hari (17-9-2017), usai senam pagi dan dilanjut dengan coffee break dan sarapan, Singotulas  mengadakan musyawarah untuk membahas Agenda  ke depan seperti apa. Dalam kesempatan itu, disepakati untuk pergantian “Pengurus” Angkatan-17, yakni  ditetapkan pengurus masa bakti 2017-2022: Ketua: Kol.(P) Heri Sumardi, Wakil Ketua : Letkol (P) D. Lokolo, Sekretaris: Haryadi Prabowo, Bendahara: Haryadi Prabowo, Sie sosial  : Imbuh Samito &  F. Anung. Adapun pengurus lama periode 2012 sd 2017 adalah Ketua: Kol.(P) Samiyono, Bendahara: Capt. N Ojek Tobing, Sekretaris :  Haryadi Prabowo, Sie Sosial :  Imbuh Sasmito. Selain itu juga disepakati untuk menyesuaikan iuran.

“Kami juga mendorong kepada Kawan-Kawan untuk juga  peduli  dan mendukung DPP KAP3B Semarang yang selama ini telah berupaya transparan dan terus meningkatkan kepedulian Almamater khususnya kepada Alumni yang baru dan adik-adik Kita. Ketua Umum Kita dan  juga sejumlah pengurusnya, telah banyak berkorban waktu dan materi untuk membesarkan Almamater, siapa lagi  kalau bukan Kita yang turut membesarkannya,” terang Imbuh Sasmito.

Ditambahkan Imbuh, dari data yang ada, Angkatan 17 ada 120 orang. Yang terdata 72 orang, yang telah mendahului Mereka ada 17 orang. tadinya yang confirm hadir 58 orang, namun karena sesuatu hal seperti yang masih berlayar maka berhalangan hadir, namun ada yang diwakili oleh keluarganya.

Agenda lain yang dicanangkan oleh Singotulas adalah akan diadakan kembali Reuni Akbar Jilid-3 pada Tahun 2020 yang rencananya akan di gelar di Malang Jawa Timur.

*News/Habib