Monday, 17th June 2019 20:16:38

Ketua I KAP3B Hadiri Syukuran Selesainya Renovasi Mess Tugu

 

Sebagai bagian dari  rangkaian kegiatan organisasi, Ketua I DPP KAP3B Semarang, Awaludin Fauzi pada hari Minggu, 7 Mei 2017 menghadiri acara syukuran telah selesainya renovasi Mess-21 di Tugu Semper Jakarta Utara. Acara syukuran itu ditandai oleh pemotongan tumpeng dan pembacaan do'a serta ramah-tamah.

Ya, Mess Tugu telah  selesai renovasi yang kini nampak  cukup megah dengan luas tanah sekitar 6x16 dan bangunan 3 lantai mempunyai kamar tidur yang dilengkapi  AC, kamar mandi ada 3, ruang cuci dan jemuran yang cukup luas, dilengkapi pula balkon sebagai tempat pelepas lelah.

Sejarah

Awwlaudin Fauzi mengatakan, Mess tugu dimulai pada tahun 1987, yaitu saat angkatan 21 persiapan Prola. Dimulai dari rumah orang tua  Saudara Jearel di Jalan Bakti Tanjung Priok yang digunakan sebagai tempat angkatan 21 khususnya yg tinggalnya jauh dari Jakarta dan tidak punya tempat tinggal atau  enggan di rumah saudara untuk mencari tempat Prola pada perusahaan  di Jakarta.

Hingga saat ini Mess Tugu sudah mengalami perpindahan sebanyak 6 kali. Dimulai dari (1)- Jl. Bakti.(2) Swasembada Timur. ( 3) Jl. Bhayangkara. (4) Jl. Melur. (5) Jl. Mahoni ( 6)Perum Tugu Permai hingga sekarang.


Saat menempati di Jl. Melur dimulai adanya tertib administrasi untuk membentuk mess lintas angkatan dikarenakan semakin banyaknya Alumni  lintas angkatan yang  merasa nyaman tinggal di mess tersebut hingga overload namun persaudaraan senasib semakin solid.

 Mess tugu semakin menarik bagi alumni dikarenakan murah dan membuka pintu bagi siapapun tak terkecuali bagi yangg tidak punya uang karena bisa ngutang, dan bisa dibayar dikemudian hari setelah yang bersangkutan bekerja.

 Dengan adanya tertib administrasi sehingga pada tahun 2016 Pengurus mess yg selalu berganti-ganti  (dikarenakan adanya kesempatan kerja yang disesuaikan dengan kontrak kerja), Mereka mempunyai gagasan untuk merenovasi bangunan mess yg dirasa sudah tua dan lantainya sudah lebih rendah dari jalan dan terkadang mengakibatkan air dijalan mengalir ke dalam mess.


Setelah melalui musyawarah dari beberapa personil senior dan yunior  yg termasuk pula sebagai pengurus mess, maka diputuskan untuk merenovasi bangunan secara menyeluruh, dengan menggunakan uang tabungan hasil dari sisa-sisa iuran anggota dalam sebulannya tanpa meminta bantuan dari siapapun.


Perlu diketahui bahwa Mess Tugu tidak ada sebutan ketua, semua adalah anggota, hanya ada pengurus yang selalu estafet dan person in charge sebagai komunikator terhadap kepengurusan KAP3B Semarang dan sebaliknya.


Yang menarik jika kita mengetahui penggalangan dana sebagai kelangsungan operasional yang ternyata tidak terlalu membebani anggotanya.

1) untuk mendaftar sebagai anggauta cukup membayar uang sebesar Rp. 150 ribu.
2) membayar uang keanggautaan seumur hidup cukup 3 juta dan dapat di angsur selama 3 tahun sesudah on board/ kerja.
3) membayar iuran tahunan sebesar 200 ribu saja namun sudah bisa tinggal di mess tersebut sampai kapanpun dengan mendapat fasilitas yang memadai dan dapat makan 2 kali sehari (pagi dan sore) tentunya dengang bergotong royong memasak bersama.


Mess tugu mempunyai beberapa aturan yang sangat baik sehingga dapat menepis anggapan orang di sekitarnya yang masih ada penilaian negatif terhadap profesi pelaut.


Sekarang mess tugu sudah berdiri dg megah dan mencerminkan semangat penghuninya sehingga rencana ada kenaikan iuran tahunan menjadi 300 ribu dan ada pula beberapa yg bergurau sambil mengatakan bahwa sekarang namanya menjadi "Mess Tugu Hilton".

Mess Tugu siap menampung Cadet dan Alumni lintas angkatan sebagai bentuk kepedulian terhadap Alumni dan sebagai bagian daripada KAP3B Semarang.  Dengan besar hati dan menjauhkan dari rasa ego maka angkatan 21 tidak menamakan "Mess 21", tapi dinamakan menjadi "MessTugu".

*News